Usman Hamid: Perubahan Kultur dan Kesejahteraan TNI Jadi PR Jenderal Andika Perkasa

Kamis, 4 November 2021 - 10:45 WIB

Jakarta - Presiden Joko Widodo akhirnya memberikan satu nama untuk menjadi Panglima TNI yang baru menggantikan Panglima TNI Hadi Tjahjanto yang tak lama lagi pensiun.
Menanggapi dinamika ini, Usman Hamid mengatakan bahwa calon Panglima TNI yang baru yakni Jenderal TNI Andika Perkasa perlu memperhatikan beberapa hal sebelum menjadi orang nomor satu di institusi militer Tanah Air, salah satunya adalah perubahan kultur di tubuh TNI.
"Saya kira bagaimanapun juga anggota TNI adalah anggota masyarakat yang setara kedudukannya di mata hukum dengan warga biasa. Dan karena itu kalau ada anggota TNI misalnya terlibat dalam tindak pidana atau dalam pelanggaran hak asasi manusia, maka sebaiknya juga dihadapkan pada hukum dan sistem peradilan yang sama dengan warga sipil yaitu peradilan umum. Peradilan Militer, hukum militer, hukum acara militer, hanya diberlakukan dalam keadaan operasi militer perang dan itu berbeda dengan jurisdiksi sistem peradilan umum," ujarnya.
Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia ini menambahkan peningkatan kesejahteraan terutama untuk anggota TNI di tingkat bawah harus lebih diperhatikan. Menurutnya, permasalahan ini belum pernah dibahas secara serius dan untuk meningkatkan tunjangan kepada anggota TNI maka diperlukan dukungan dari Pemerintah sekaligus DPR.
Menambahkan pernyataan tersebut, Farhan, anggota Komisi I DPR RI mengatakan jika lolos menjadi Panglima TNI, Andika Perkasa harus melakukan konsolidasi internal terutama dengan matra laut karena Angkatan Laut yang tidak jadi mendapat giliran sebagai Panglima.
"Apabila memang lolos Fit and Proper test untuk memberikan semacam pembinaan untuk melakukan konsolidasi ke dalam. Karena bagaimanapun juga sekarang ini konsolidasi ke dalam itu adalah pembinaan sumber daya manusia TNI. TNI Angkatan Darat sekarang ini sedang kelebihan Jenderal. Nah bagaimana caranya Pak Panglima yang baru nanti bisa memastikan bahwa gerbong regenerasi di Angkatan Laut dan di Angkatan Darat bisa berjalan dengan baik. Karena sekarang ini perwira-perwira tinggi udah numpuk banget," ujar Farhan. (afr)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:20
02:53
02:49
02:12
02:08
01:01
Viral