Densus 88 Sita 791 Kotak Amal yang Diduga Jadi Sumber Pendanaan Teroris

Kamis, 4 November 2021 - 11:32 WIB

Lampung - Tim Densus 88 Antiteror Mabes Polri beserta Polda Lampung menggeledah rumah yang dijadikan gudang penyimpanan ratusan kotak amal di kawasan Way Halim Bandar Lampung. Sebanyak 791 kotak amal ini diduga menjadi sumber pendanaan teroris jaringan jamaah Islamiyah.
Sebelumnya, Densus 88 menangkap tiga terduga teroris di sejumlah tempat di Provinsi Lampung pada Minggu dan Senin kemarin. Dari penangkapan tersebut, polisi menyita ratusan kotak amal.
Ratusan kotak amal yang disita bertuliskan Lembaga Amil Zakat Abdurrahman Bin Alif cabang Lampung. Menurut warga sekitar, aktivitas rumah yang dijadikan gudang kotak amal itu sudah berlangsung sejak lima tahun lalu. Belakangan aktivitas kelompok tersebut mulai tertutup pasca maraknya isu kotak amal dijadikan penggalangan dana untuk kegiatan jaringan terorisme.
“Untuk pengumpulan dana memang ada ada kalimat yang disampaikan yakni mari kita sama-sama untuk beramal sehari seribu,” ungkap Panut Darwoko selaku Ketua Lingkungan Way Halim Permai.
Sementara itu, pihak kepolisian mengatakan jika penangkapan ini dilakukan setelah adanya informasi dari warga sekitar terkait penggalangan dana terkait terorisme. 
“Inilah salah satu yang bisa kita ungkap dari tiga pelaku yang sudah diamankan ini. Tentunya tidak tertutup kemungkinan ini adalah salah satu pelaku dari pengembangan baik dari Jakarta dan Medan. Jadi pelaku ini di dalam melakukan aksinya adalah salah satu simpatisan yang juga memang di dalam jaringan terorisme jamaah Islamiyah,” kata Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad.
Polisi masih mengembangkan kasus ini untuk mencari tahu di wilayah mana lagi kotak amal tersebut disebar. (adh)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
07:59
02:28
01:48
06:43
06:09
Viral