Alexandra Asmasoebrata: Mengantuk Obatnya Bukan Main HP

Jumat, 5 November 2021 - 10:23 WIB

Jakarta - Beredar dugaan bahwa kecelakaan lalu lintas yang menimpa pasangan selebritis Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah akibat dari sang sopir yang kehilangan konsentrasi. Ada yang menyebut sopir mengantuk, ada pula yang mengatakan bahwa karena si sopir menggunakan ponsel saat mengemudi.

Pebalap mobil Alexandra Asmasoebrata pun angkat bicara mengenai hal ini. Ia menegaskan bahwa jika lelah atau mengantuk, pengendara kendaraan bermotor terutama mobil sebaiknya menepi dan beristirahat. Banyak anggapan salah yang mengatakan harus punya aktivitas lain seperti makan atau bermain handphone.

"Bisa dibilang "penyakit" (bermain hp) ya, ini tuh dianggap suatu hal yang bukan masalah, apalagi terjadi pada siang hari. Kalau menurut saya mengantuk itu obatnya bukan distraction, bukan handphone, bukan makan gitu. Karena kalau kita harus memegang kemudi itu harus 100%. Kalau kita memegang handphone itu tidak baik bagi pengemudi," tegasnya.

Ia mengatakan ngantuk dan lelah itu obatnya adalah berhenti dan istirahat dan sebisa mungkin keluar dari mobil untuk menghirup udara segar. Lagipula ujar Andra, banyak sekali rest area atau lokasi beristirahat di sepanjang jalan tol yang dapat dimanfaatkan para pengemudi mobil.

"Mungkin memang kita kalau berangkat pasti ada tujuan, ada estimasi kita akan sampai jam berapa, kita juga nggak pengin terlalu larut di mobil. Tapi untuk kondisi tubuh kita sendiri sebaiknya kita mengenal ya, betapa diri kita mampu kita berkekuatan menyetir sejauh itu, apakah skill kita juga cukup," pungkasnya. (afr)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:09
01:34
02:48
03:43
01:20
04:40
Viral