Ketua MUI: Tidak Sembarang Orang Bisa Tafsir Alquran

Jumat, 5 November 2021 - 10:23 WIB

Jakarta - Jagat maya dibuat gaduh kembali oleh Ade Armando. Belum lama ini ia sempat menulis di media sosial bahwa perintah salat lima waktu itu tidak ada dalam al-Quran.
Ketua MUI K.H. Muhammad Cholil Nafis akhirnya angkat suara mengenai opini Ade Armando. Ia menegaskan tidak semua orang dapat menerjemahkan dengan benar isi al-Quran karena memang ada kualifikasi tertentu untuk menafsirkan al-Quran. Ia menyebut para  penafsir ini paling tidak memahami nasikh mansukh, muthlaq muqayyad, ushul fiqh, dan beberapa syarat lainnya.
"Kalau sekedar mengutip, tentu kan kita mengutip dari orang lain. Mengutip kan ada dua, memang benar kutipannya atau benar memahami kutipan. Nah kalau saya pikir berkenaan dengan ngomong-ngomong di media sosial ya kayak orang ngomong di warung kopi lah. Kan nggak harus dijadikan serius semua oleh kita. Oleh karena itu menurut saya ke depan jangan semua yang disampaikan di media sosial itu dibikin serius. Apalagi dengan sengaja memancing perdebatan, ya itu sudah emosional. Masing-masing sudah men-judge, sudah meng-underestimate kepada yang lain," ucapnya. (afr)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:53
01:18
06:32
01:34
12:34
03:48
Viral