Siapakah Calon KASAD Pengganti Andika Perkasa?

Minggu, 7 November 2021 - 15:30 WIB

Jakarta - Bursa Calon Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) menjadi perbincangan hangat pasca ditunjuknya Jenderal Andika Perkasa sebagai panglima TNI. Saat ini, tercatat ada belasan Jenderal bintang tiga yang berpotensi menggantikan Jenderal Andika Perkasa sebagai orang nomor satu di TNI Angkatan Darat.
Saat ini ada belasan Jenderal bintang tiga yang berpotensi menggantikan Jenderal Andika Perkasa sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) pasca ia ditunjuk menjadi Panglima TNI.
pengamat militer dari Institute for Security and Strategic Studies, Chairul Fahmi memperkirakan dari belasan nama tersebut ada dua nama kuat yang kemungkinan ditunjuk sebagai Kepala Staf Angkatan Darat.
Pertama adalah Pangkostrad Letjen Dudung Abdurrahman, dan yang kedua adalah Letjen Eko Margiyono yang saat ini menjabat sebagai kepala staf umum Mabes TNI.
Menariknya, Chairul memprediksi Calon Kepala Staf Angkatan Darat berikutnya adalah orang yang cukup kuat untuk menjadi Panglima TNI. 
Sementara itu direktur Indonesia Intelijen Institute, Ridlwan Habib berpendapat Calon Kepala Staf Angkatan Darat berikutnya tergantung pada kesepakatan internal Mabes TNI Angkatan Darat.
Namun Ridwan memperkirakan opsi senioritas akan menjadi pertimbangan internal Angkatan Darat untuk menentukan posisi Kepala Staf Angkatan Darat selanjutnya.
Jika hal ini menjadi pertimbangan, maka hanya ada tiga Jenderal bintang tiga dari angkatan 86 dan 87, diantaranya adalah Kepala Badan Intelijen Strategis Letjen Joni Supriyanto dan Letjen Muhammad Herindra yang saat ini menduduki jabatan Wakil Menteri Pertahanan.
Namun kembali lagi bola panas bursa Calon Kepala Staf Angkatan Darat berada ditangan Presiden Joko Widodo. Sebab berdasarkan peraturan perundang-undangan, pengangkatan kepala staf mutlak wewenang presiden tanpa harus meminta persetujuan anggota dewan di Senayan.(awy)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
01:33
Viral