Iran Gelar Latihan Perang, Dalam Rangka Apa?

Selasa, 9 November 2021 - 09:45 WIB

Konarak, Iran - Iran mulai menggelar latihan tahunan di wilayah pesisir Teluk Oman. Latihan digelar jelang pembicaraan mengenai nuklir dengan negara-negara barat.
Iran memulai latihan perang berskala besar di wilayah Konarak pada Minggu (7/11) waktu setempat. Latihan diikuti oleh Angkatan Laut, Angkatan Udara, dan Angkatan Darat.
Latihan perang ini mencakup manuver di beberapa wilayah di Laut Merah dan teluk Oman yang terhubung ke teluk Persia melalui selat Hormuz yang strategis.
Dalam latihan itu Angkatan Laut dan Angkatan Udara Iran berlatih menyerang sasaran menggunakan berbagai drone diantara senjata lainnya.
Sejumlah jet tempur, helikopter, kendaraan taktis, kapal perang, kapal selam, rudal jarak pendek dan menengah, serta pesawat nirawak turut serta dalam latihan ini. Mereka melakukan koordinasi yang erat dengan pasukan darat dan unit respon cepat.
Juru bicara militer Iran Laksamana Muda Mahmoud Mousavi menyatakan pihaknya tengah melatih berbagai cabang militer untuk meningkatkan kesigapan personel militer dalam menghadapi ancaman luar negara serta kemungkinan invasi militer.
Latihan yang dinamai Zolfaqar-1400 tersebut digelar di tengah ketegangan antara Iran dan Amerika Serikat akibat penarikan sepihak Amerika Serikat dari perjanjian nuklir Iran di masa pemerintahan Donald Trump. (afr)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:26
01:54
01:18
02:35
02:56
03:32
Viral