Canggih, Komputer Ini Bisa "Meramal" Bencana dengan Tepat

Kamis, 11 November 2021 - 09:04 WIB

La Palma, Spanyol - Sebuah super komputer di Barcelona memberikan prediksi harian letusan gunung berapi di La Palma, Spanyol. Komputasi darurat tersebut akan membantu pihak berwenang untuk bertindak dan menghindari adanya korban akibat letusan gunung berapi. 
Super komputer terbesar di Spanyol, MareNostrum 4 terpasang di Catalonia Polytechnic University. Super komputer ini dinamai sesuai dengan nama Romawi kuno laut Mediterania dan pertama kali dibuat pada bulan April 2005 lalu.
Prediksi adalah tugas yang mudah bagi MareNostrum. Setiap pagi selama dua jam salah satu komputer terbesar di Eropa ini memproses data dari letusan Cumbre Vieja untuk membuat prediksi jangka pendek dan menengah.
Ilmu ini dikenal dengan istilah urgent computing yang mengacu pada penggunaan struktur komputerisasi selama darurat yakni untuk mendapatkan prediksi yang lebih tepat dalam waktu singkat. Pada pukul 8 pagi prediksi siap untuk dianalisis oleh peneliti senior Arnold. Ia akan membuat laporan harian yang dikirim ke Komite Tanggap Darurat Bencana Gunung Berapi.
Namun, ini bukan pertama kalinya MareNostrum digunakan untuk menganalisis peristiwa geologis. MareNostrum telah memprediksi letusan gunung berapi di berbagai negara selama bertahun-tahun.
Super komputer ini akan memodelkan sirkulasi abu dan gas gunung berapi serta memprediksi keberadaannya di atmosfer bumi untuk menghitung semua data secara akurat dan tepat. (adh)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:47
02:00
00:49
02:08
00:40
01:30
Viral