Menhan Prabowo Borong Pesawat Militer Canggih Seharga Triliunan Rupiah

Selasa, 23 November 2021 - 10:09 WIB

Jakarta - Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Indonesia akan memiliki dua pesawat militer canggih Airbus A400M. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto telah memesan dua pesawat jumbo tersebut yang harga satu unitnya mencapai 2,2 triliun rupiah.
Pembelian dua pesawat canggih Airbus A400M oleh Menhan Prabowo ditujukan untuk fungsi multi peran tanker dan pesawat angkut personel. Pemesanan ini dilakukan Prabowo di sela-sela pameran Dirgantara di Dubai. Kontrak pesanan akan berlaku efektif pada tahun 2022 termasuk paket dukungan lengkap perawatan dan pelatihan.
Harga satu pesawat diperkirakan Rp2,2 triliun, ini berarti dua pesawat pesanan Prabowo mencapai Rp4,4 triliun. Pihak Airbus bahkan menyebut Prabowo mempertimbangkan untuk kembali memesan empat pesawat tambahan dalam waktu dekat.
Prabowo menilai pesawat akan berperan penting dalam misi kemanusiaan dan penanganan bencana. Pihak Airbus mengklaim kemampuan luar biasa pesawat angkut tersebut untuk TNI Angkatan Udara. Pesawat diklaim sanggup mengangkut kargo besar dan berat seperti yang dilakukan pesawat jenis ini dalam beberapa kali misi bantuan asing di tanah air.
Kecanggihan lain pesawat ini yaitu mampu mengisi bahan bakar di udara untuk pesawat tempur maupun pesawat besar lainnya. Pesawat juga dirancang beroperasi dengan fasilitas darat terbatas bahkan tanpa landasan pacu.
Pesawat bisa diisi 116 pasukan lengkap dan 25 petugas medis. Pesawat ini juga sanggup menurunkan pasukan terjun payung dan kargo secara bersamaan. Airbus A400M juga terbang rendah dan tinggi sehingga menjadi solusi ideal untuk keperluan pesawat tanker dan angkutan TNI Angkatan Udara. Dengan pembelian dua pesawat pesanan Prabowo, Indonesia masuk dalam 10 operator pesawat Airbus A400M.
Dalam pandangan mantan Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Purnawirawan Chappy Hakim, memang sudah Selayaknya Indonesia membeli pesawat keluaran baru. Namun menurutnya yang lebih cocok untuk dipilih adalah jenis Hercules, bukan seperti Airbus A400M.
Kementerian Pertahanan sebagai pihak yang bertanggung jawab dalam pembelian alutsista memang menjadi kementerian yang mendapat alokasi anggaran terbesar di antara kementerian lainnya. Sebagai informasi, anggaran Kemenhan untuk tahun 2022 mencapai Rp133,9 triliun atau naik 13,28 persen dari anggaran tahun 2021 yang sebesar Rp11,2 triliun.
Besarnya anggaran untuk pertahanan ini sejalan dengan niat pemerintah melakukan pembenahan terhadap seluruh alutsista yang dimiliki TNI. (afr)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:20
01:09
02:07
03:49
01:14
08:35
Viral