Sektor Pariwisata di Sejumlah Daerah Mulai Bangkit Usai Menurunnya Kasus Covid-19

Selasa, 23 November 2021 - 11:36 WIB

Manokwari, Papua Barat - Sejumlah tempat wisata di Indonesia mulai bangkit setelah pembatasan dan tidak bisa beroperasi selama pandemi. Meski sudah diperbolehkan mendatangkan wisatawan, pengelola harus tetap menjaga protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus Covid-19.
Wisata budaya mulai digencarkan seiring menurunnya pandemi Covid-19 di berbagai daerah. Meski demikian, protokol kesehatan tetap diutamakan seperti pagelaran adat istiadat Sulawesi Selatan yang digelar di Manokwari, Papua Barat.
Perpaduan tari Papua dengan tarian Sulawesi Selatan menciptakan kedamaian warga serta menjadi daya tarik wisatawan terutama di masa pandemi Covid-19 ini. “Saya meminta dukungan terutama dukungan doa untuk mendukung pembangunan di Papua Barat,” ucap Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan.
Lebih lanjut, Dominggus meminta kepada masyarakat untuk selalu menjaga keamanan, ketertiban, dan kedamaian. Sementara itu, di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara pemerintah daerah melakukan pendataan destinasi wisata Tangkahan dan Bukit Lawang sebagai daerah prioritas setelah Danau Toba.
Pemerintah dan seluruh penggiat pariwisata akan mendorong kehadiran wisatawan untuk menjadi pemulihan ekonomi masyarakat. Kawasan Bahorok sebagai bagian dari Taman Nasional Gunung Leuser merupakan surga wisata air hutan dan seluruh endemik yang ada di dalamnya.
“Bagaimana ekonomi Sumatera Utara ini bisa bangkit dari segala sektor salah satu adalah pariwisata. Kita mendorong pariwisata ini untuk mengaktifkan desa-desa sekitar menjadi desa wisata supaya ekonomi bergerak,” kata Musa Rajekshah, Wakil Gubernur Sumatera Utara. Meski sudah diperbolehkan mendatangkan wisatawan, pengelola harus tetap menjaga protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus Covid-19. (adh)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:31
02:44
03:34
06:26
09:41
20:11
Viral