Dugaan Pungli di Samsat Terekam Video Amatir Hingga Viral di Medsos

Jumat, 3 Desember 2021 - 11:56 WIB

Magetan, Jawa Timur - Video amatir dugaan praktik pungutan liar atau pungli di lingkup kantor Samsat Magetan, Jawa Timur viral di media sosial. Video tersebut memperlihatkan seorang yang tengah berdebat dengan oknum petugas saat mengurus kehilangan STNK sepeda motor.
Terlihat video amatir seorang warga yang tengah berdebat dengan petugas saat mengurus kehilangan surat tanda kendaraan bermotor (STNK) di Kantor Samsat Magetan yang direkam pada hari Senin, 29 November 2021 lalu. Dalam video yang berdurasi empat menit tersebut pemohon yakni Sandi Agus Kristianto warga Desa Kembangan, Kecamatan Sukomoro, Kabupaten Magetan menyerahkan berkas persyaratan mengurus kehilangan STNK kepada petugas di loket pendaftaran.
Pemohon langsung protes setelah disuruh membayar uang Rp400 ribu oleh petugas karena dianggap persyaratannya masih kurang. Padahal biaya normal kepengurusan kehilangan STNK sepeda motor hanya sebesar Rp100 ribu. Setelah lama berdebat sambil direkam dan diunggah ke media sosial uang sebesar Rp400 ribu tersebut akhirnya dikembalikan.
Menindaklanjuti beredarnya video tersebut Kapolres Magetan mengatakan kasus tengah dalam penyelidikan. Kapolres Magetan memastikan pelaku pungli bukan dari anggota Samsat Magetan melainkan seorang pekerja harian lepas (PHL) di kantor Samsat setempat yang juga berperan sebagai calo.
Petugas Samsat Magetan tersebut sudah bertemu kembali dengan pemohon yang juga sebagai pengunggah video tersebut. pengunggah video berharap tidak ada lagi pungli di lingkup kantor Samsat Magetan. (adh)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
06:48
02:28
Viral