BMKG Terus Pantau Cuaca di Sekitaran Wilayah Gunung Semeru

Senin, 6 Desember 2021 - 16:30 WIB

Lumajang, Jawa Timur - Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) akan terus memantau kondisi cuaca di sekitar Gunung Semeru Lumajang, Jawa Timur. 
BMKG akan memberikan update secara berkala untuk membantu proses evakuasi tim SAR gabungan di lokasi bencana erupsi gunung Semeru.
Hingga saat ini tim evakuasi masih terus melakukan pencarian terhadap warga yang dinyatakan hilang dan masih belum ditemukan di sejumlah wilayah. Paling tidak tim SAR menyasar, masih ada 13 data warga yang dinyatakan hilang hingga hari ini.
Kepala Pusat Meteorologi Penerbangan BMKG, Edison Kurniawan, saat ini wilayah Jawa Timur dan sekitarnya itu sudah memasuki fase musim penghujan. Biasanya hujan terjadi pada siang hingga sore hari.
BMKG menghimbau kepada relawan agar bisa mengoptimalkan waktu di pagi hingga siang hari untuk proses evakuasi.
Dari data cuaca, untuk kecamatan yang berada di sekitar wilayah Gunung Semeru sendiri yakni Kecamatan Pronojiwo, kemudian Tempursari, dan juga Apel Ganding itu pada siang dan sore hari ini berpotensi untuk terjadinya hujan ringan.
Arah angin biasanya bertiup dari arah barat daya dengan kecepatan antara 5-30 km/jam dengan kelembaban berkisar antara 70-95 persen.
BMKG pun akan memfokuskan di wilayah sisi barat terutama Kabupaten Malang dan sisi timur Kabupaten Lumajang.(awy)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
00:54
Viral