Erupsi Gunung Semeru, Dana Bencana Triliunan Rupiah Disiapkan | EcoFlash tvOne

Selasa, 7 Desember 2021 - 10:26 WIB

Lumajang, Jawa Timur - Gunung Semeru di Kabupaten Malang dan Lumajang, Jawa Timur kembali erupsi. Guguran awan panas terlihat membubung tinggi dengan abu vulkanik mengarah ke Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.
Ditjen Anggaran Kementerian Keuangan menyatakan pemerintah setiap tahun memberikan anggaran khusus penanganan bencana. Anggaran tersebut siap dicairkan kapanpun dibutuhkan.
Dalam mengelola dan menggunakan dana tersebut, BNPB bekerjasama dengan seluruh kementerian dan pemerintah daerah. Pemakaian dana tergantung bencana yang tengah dialami oleh masyarakat.
Pemerintah juga mengalokasikan dana bantuan di kementerian untuk digunakan dalam kondisi mendesak, misalnya saat ada bencana dan masyarakat perlu bantuan sosial. Menurut Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa penanganan dana bencana semua dikoordinasikan BNPB dan ada yang khusus dianggarkan untuk penanganan bencana erupsi Gunung Semeru.
Erupsi Gunung Semeru memang meninggalkan luka mendalam. Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang, Jawa Timur terdampak paling parah dari bencana erupsi Gunung Semeru.
Rumah, kendaraan, hewan ternak hingga sawah tertimbun abu tebal akibat erupsi Semeru. Guguran awan panas dan erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur seakan melumpuhkan habis Desa Sumberwuluh.
Sebagian warga yang mencoba kembali kerumah untuk melihat kondisi harta benda di rumah mereka yang sebagian hancur atau bahkan terlihat hanya atap akibat tertimbun abu vulkanik tampak pasrah dan menahan kesedihan. Sementara sejumlah warga lainnya juga terlihat mencari keluarga mereka yang belum ditemukan.
Sebagai negara yang termasuk dalam wilayah cincin api atau ring of fire, Indonesia memang rentan terhadap bencana khususnya gempa dan erupsi gunung seperti yang terjadi pada erupsi gunung Semeru akhir pekan silam. (adh)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:19
00:55
01:06
01:48
01:38
06:57
Viral