Kondisi Pasien Operasi Plastik Terkena Dampak Erupsi Semeru

Kamis, 9 Desember 2021 - 19:15 WIB

Lumajang, Jawa Timur - Hingga hari ini Rumah Sakit dr. Haryoto di Lumajang masih merawat belasan pasien yang mengalami luka bakar. Sebagian pasien sedang menjalani bedah plastik, sementara sebagian lagi masih harus menunggu.

Dokter Yana Susanti, spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi menyatakan bahwa sebagian besar pasien yang ada di RS dr. Haryoto sudah tertangani dengan baik karena bekerja sama pula dengan tim medis bantuan dari beberapa rumah sakit lain di Jawa Timur.

Yana menambahkan, bahwa masih ada enam pasien yang berada di ICU dan delapan pasien yang masih berada di burn unit atau ruang perawatan luka bakar. Para pasien mengalami luka bakar yang bervariasi mulai 18% hingga 61%.

"Sebagian besar (korban) sudah kita lakukan debridemand. Untuk skin graft-nya akan kita lakukan bertahap. Kita akan melakukan screening pasien-pasien mana yang akan dilakukan skin graft," papar dr. Yana.

Setiap pasien luka bakar diberi tindakan debridemand atau cuci luka yang dilakukan di kamar operasi. Dalam kegiatan ini pasien luka bakar juga diobservasi sebelum diberi tindakan skin graft atau tandur kulit.

"Operasi ini akan dikerjakan bertahap, berulang-ulang. Kita evaluasi sekitar 3-5 hari nanti kita lakukan debridemand dan skin graft ulang jika diperlukan," jelasnya. (afr)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:17
01:21
01:11
02:02
02:06
01:46
Viral