Perlakuan Karantina Mulan Jameela Jadi Sorotan, Satgas Mengatakan Sudah Sesuai Prosedur

Rabu, 15 Desember 2021 - 13:40 WIB

Jakarta - Satgas gugus tugas Bandara Soekarno-Hatta Banten memastikan aturan karantina anggota DPR Mulan Jameela dan keluarganya sudah sesuai dengan prosedur. Sebelumnya, perbedaan perlakuan karantina bagi Mulan Jameela dan keluarga membuat banyak netizen melakukan protes dan berkomentar dengan nada miring.

Inilah tangkapan layar yang sempat diunggah akun Instagram Adam Deni Garga yang mempertanyakan aturan karantina bagi WNI sepulang dari luar negeri. ia merasa heran Karena anggota DPR Mulan Jameela dan keluarganya sudah bisa jalan-jalan di sebuah mal di daerah Pondok Indah sepulang dari Turki.

padahal sesuai Surat Edaran Gugus Tugas Nomor 23 Tahun 2021 setiap warga negara Indonesia yang kembali ke tanah air wajib menjalani karantina selama 10 hari. Menanggapi kritikan tersebut, Satgas Gugus Tugas Bandara Soetta Kolonel Agus Listyo memberikan pernyataan bahwa penumpang atas nama Mulan Jameela dan keluarga boleh melakukan karantina mandiri di rumah pribadi berdasarkan surat dari BNPB pusat.

“Menurut surat BNPB nomor 1606 yang merekomendasikan atas nama Ibu Wulansari anggota dewan DPR RI mendapatkan diskresi karantina mandiri di kediamannya,” kata Kolonel Agus.

Lebih lanjut, Ia mengungkapkan jika para pejabat berhak mendapat diskresi karantina mandiri. “Betul itu para pejabat yang menurut BNPB berhak menerima diskresi karantinya mandiri,” sambungnya.

Sementara itu, juru bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito menegaskan karantina mandiri hanya diijinkan untuk pejabat dalam negeri setingkat eselon satu ke atas dengan lama karantina selama 10 hari.

“Perlu ditekankan bahwa pihak yang diizinkan untuk melakukan karantina di fasilitas mandiri ialah pejabat Indonesia setingkat eselon satu ke atas yang baru saja menyelesaikan tugas kedinasan dan diskresi ini berlaku secara individual. Dimohon kepada siapa saja yang mengajukan diskresi dan tidak bisa memenuhi persyaratan yang dimaksudkan tersebut untuk melakukan karantina di fasilitas terpusat yang telah disediakan oleh pemerintah,” ujar Wiku secara virtual.

Perbedaan perlakuan karantina bagi Mulan Jameela dan keluarga membuat banyak netizen melakukan protes dan komentar dengan nada miring. Publik merasa heran karena adanya ketidakadilan aturan karantina yang ditetapkan oleh pemerintah. (adh)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral