Belum Stabilnya Pasokan Listrik dan Internet di Minahasa Jadi Kendala Bagi Pelaku UMKM

Rabu, 15 Desember 2021 - 15:26 WIB

Minahasa Utara, Sulawesi Utara - Pelaku UMKM khususnya di daerah seringkali terkendala dengan belum meratanya pembangunan nasional, misalnya padamnya aliran listrik yang bisa menyebabkan peternak ayam merugi karena 50% anak ayam peliharaan mereka batik hanya dalam hitungan jam.

Jaringan listrik di Indonesia masih banyak terkendala terutama di daerah-daerah yang bukan kota besar. Fakta ini menyulitkan pelaku UMKM di Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

Sony, peternak ayam potong sangat bergantung pada penerangan listrik untuk memastikan anak-anak ayam miliknya tidak binasa. Hanya saja, di wilayah ini seringkali aliran listrik padam. 

Lain lagi dengan Diah Sri Utami, Diah memproduksi cinderamata yang dijual ke toko-toko souvenir ataupun resor resor yang banyak dikunjungi turis. Hanya saja di masa pandem ini ia harus melebarkan penjualannya secara online agar bisa bertahan.

Belum stabilnya jaringan internet di wilayahnya, menyebabkan Diah tidak bisa bersaing maksimal di perdagangan online.

Para pelaku UMKM ini berharap, layanan listrik maupun internet di daerah mereka bisa setara dengan di kota-kota besar, sehingga mereka tidak terkendala dalam berusaha seperti saat ini.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:57
02:32
01:28
04:58
01:44
02:05
Viral