Gunung Semeru Kembali Erupsi, Pencarian Korban Dihentikan Sementara

Kamis, 16 Desember 2021 - 13:13 WIB

Lumajang, Jawa Timur - Gunung Semeru kembali mengeluarkan guguran lahar dari atas puncak gunung di desa Curah Kobokan, Lumajang, Jawa Timur.

Berdasarkan video amatir sejumlah tim SAR tampak menyelamatkan diri ketika Gunung Semeru kembali mengalami erupsi. Lokasi terlihat dari desa Curah kobokan dimana sejumlah tim SAR gabungan yang sedang melakukan proses pencarian korban erupsi Semeru harus kembali ke posko karena adanya guguran lava. Dari video tersebut tampak terlihat puncak gunung Semeru tertutup awan putih tebal.

Sementara itu pada hari ini proses evakuasi korban erupsi Semeru di Lumajang resmi dihentikan. Seluruh pasukan SAR nasional akan ditarik di hari ke-13 pasca erupsi Semeru.

Namun tim relawan di bawah komando pihak BPBD Lumajang setempat masih diperbolehkan untuk mencari korban erupsi Semeru. Penghentian pencarian ini dilakukan karena tim SAR sudah tidak lagi menemukan korban erupsi Semeru sejak dua hari terakhir

"Setelah hari ketujuh kita lakukan penambahan tiga hari dan kita lakukan penambahan lagi tiga hari. Sampai dengan hari ke-13 ini sudah tidak ada tanda-tanda ditemukannya korban. Korban terakhir kita evakuasi itu di hari yang kesepuluh itu berupa tengkorak dan kerangka. Dan itu juga diketahui karena tempatnya hingga kini teridentifikasi oleh keluarganya sendiri," ungkap Komandan SAR Jawa Timur, Hari Adi.

Penghentian pencarian ini memang sudah sesuai dengan prosedur SAR. Tercatat sampai saat ini sudah ditemukan 49 orang meninggal dunia dan 39 orang dilaporkan hilang. (afr) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral