Kian Memanas, Militer Ukraina Sengaja Latihan Tempur di Perbatasan Rusia

Jumat, 17 Desember 2021 - 00:39 WIB

Luhansk, Ukraina - Militer Ukraina menggelar latihan militer di wilayah Luhansk di tengah ketegangan dengan Rusia. Agenda latihan termasuk merakit jembatan apung di Aidar untuk dilewati para personel militer serta kendaraan lapis baja.

Di hari yang sama parlemen Ukraina telah menyetujui rancangan undang-undang yang memperbolehkan pasukan asing mengikuti latihan militer di negara bekas Republik Soviet tersebut mulai tahun depan. Ini merupakan sebuah langkah yang memicu kemarahan Rusia.

Menurut undang-undang yang diserahkan oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, Ukraina juga berencana menggelar sepuluh latihan militer berskala besar pada tahun depan.

Ukraina yang bukan anggota NATO telah meningkatkan kerja sama militernya bersama negara-negara Barat di tengah ketegangan dengan Rusia.

Ukraina menuduh Rusia memobilisasi sekitar 100 ribu personil militer di perbatasan Ukraina untuk memungkinkan melakukan invasi ke Ukraina.

Sementara itu pihak Rusia menyatakan pengerahan pasukan ke perbatasan Ukraina itu hanya sebagai langkah pertahanan dan memang berhak mengerahkan pasukannya ke penjuru wilayah Rusia. (afr)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:30
01:07
03:27
01:35
03:20
01:47
Viral