Evaluasi Kecelakaan Beruntun Transjakarta, KNKT Rekomendasikan 11 Poin Safety Action

Kamis, 23 Desember 2021 - 09:58 WIB

Jakarta - Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) memberikan sejumlah catatan kepada manajemen bus Transjakarta pasca maraknya kasus kecelakaan yang melibatkan bus Transjakarta belakangan ini. Dalam keterangan persnya, KNKT menyebutkan setidaknya menemukan empat area yang harus menjadi catatan manajemen Transjakarta dalam melakukan evaluasi. 

Keempat area yang wajib dievakuasi adalah manajemen risiko, kelayakan armada, memastikan kesiapan awak dan keamanan serta keselamatan rute. Selain itu, KNKT juga merekomendasikan 11 point safety action yang bisa dilakukan manajemen Transjakarta dalam waktu dekat.

Diantaranya adalah melakukan pengecekan penggunaan narkoba dan minuman beralkohol terhadap pengemudi, pengaktifan kembali pendamping pengemudi, memperbaiki fasilitas istirahat bagi pengemudi dan menyediakan pengemudi cadangan. 

“Kita memandang perlu bahwa didalam struktur organisasi Transjakarta perlu ada penambahan satu slot lagi yaitu satu departemen yang khusus pembelian memiliki tugas dan tanggung jawab serta fungsi mengelola manajemen risiko serta memberikan jaminan keselamatan atau quality assurance system. Saat ini unit tersebut yang serupa dengan itu sudah ada namun masih terlalu kecil,” ujar Ahmad Wildan selaku PLT Kasubkom LK LLAJ KNKT. (adh)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral