Diduga Akibat Aktivitas Peledakan Tambang Emas, Jalan Nasional Amblas & Longsor

Selasa, 11 Januari 2022 - 10:35 WIB

Bitung, Sulawesi Utara - Terlihat video amatir yang sempat diambil warga saat longsor terjadi di wilayah Kelurahan Pinasungkulan, Kota Bitung, Sulawesi Utara. Jalan nasional yang menghubungkan Kota Bitung dan Kabupaten Minahasa Utara ini sempat terputus akibat tanah yang ambles dan longsor sepanjang 50 meter.

Selain itu, sedikitnya 20 tiang listrik ikut roboh terbawa longsor. Menurut warga, jalan ambles akibat dampak dari peledakan yang rutin dilakukan sebuah perusahaan tambang emas yang ada di wilayah tersebut.

Meski jalan sudah mengalami retak-retak sepekan sebelumnya tetapi pihak perusahaan masih saja melakukan aktivitas blasting atau peledakan sehingga akhirnya badan jalan ambles dan longsor.

Pemerintah dan pihak perusahaan akhirnya membangun jalan alternatif dan memulihkan jaringan listrik yang sempat menggelapkan dua desa. Namun, warga mengeluhkan kondisi jalan alternatif yang dibangun seadanya disaat hujan mengguyur kondisi jalan licin dan berlumpur dan disaat kering jalan berdebu sehingga berisiko bagi kesehatan warga yaitu ISPA dan iritasi mata.

Tidak hanya itu, jalan yang juga dilalui truk tambang ini mengancam keselamatan warga yang terus lalu lalang keluar masuk areal tambang. (adh)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:35
01:05
01:25
09:22
02:07
02:34
Viral