Vaksin Booster Masih Diprioritaskan Untuk Lansia dan Kelompok Rentan

Rabu, 12 Januari 2022 - 12:29 WIB

Jakarta - Puskesmas Kecamatan Kramat Jati Jakarta Timur menggelar vaksinasi booster untuk masyarakat. Hari ini pemerintah mulai memberikan vaksin booster kepada masyarakat. Vaksin booster ditujukan untuk warga di atas 18 tahun yang sudah divaksinasi penuh dengan jangka waktu minimal 6 bulan. 

Meski demikian vaksin booster saat ini masih diprioritaskan untuk lansia. Warga yang ingin divaksinasi wajib menunjukkan e-ticket vaksinasi yang dapat diakses melalui aplikasi PeduliLindungi. Pemerintah menyiapkan sekitar 130 juta dosis vaksin booster untuk masyarakat Indonesia.

Presiden Joko Widodo memutuskan untuk menggratiskan vaksin booster Covid-19 bagi semua masyarakat. Pelaksanaan vaksinasi booster ini akan dimulai pada hari ini dengan prioritas bagi kelompok lansia dan kelompok rentan.

Ratusan warga lanjut usia di Sleman, Yogyakarta antusias mengikuti vaksinasi dosis ketiga atau booster. Ratusan warga lanjut usia mendatangi Kelurahan Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman pada Rabu Pagi. Sebagian dari mereka datang sejak satu jam sebelum dimulainya vaksinasi.

Jumlah calon penerima vaksin booster bahkan melebihi target seri 600 menjadi lebih dari 700 orang. Vaksinasi booster pada lansia akan dilanjutkan ke fasilitas kesehatan seperti Puskesmas dan RSUD Sleman. Total target lansia yang menjadi sasaran vaksinasi booster di Sleman berjumlah 120.000 orang.

Vaksinasi booster covert 19 juga dilakukan di Jawa Timur. Didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kepala Dinas Tenaga Kerja serta Sekda Provinsi Jawa Timur, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa secara resmi memulai pelaksanaan vaksinasi dosis ketiga di kantor Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Jawa Timur.

Di lokasi ini, 100 dosis vaksin disiapkan dengan prioritas para lansia. Gubernur berharap melalui vaksinasi booster ini menjadi upaya percepatan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:49
01:41
01:47
06:30
01:40
02:00
Viral