[FULL] Biaya Pendidikan Kita Semakin Mahal | IBF

Rabu, 12 Januari 2022 - 22:31 WIB

Jakarta - Biaya pendidikan semakin hari semakin mahal. Bahkan biaya pendidikan di Indonesia termasuk 15 negara dengan biaya pendidikan terbesar di dunia. Namun sayangnya, hal ini belum di barengi dengan kualitas sumber daya manusia RI. Lalu mampukah kita bersaing di kancah global?

Menurut survei HSBC biaya pendidikan di Indonesia termasuk mahal dan masuk ke dalam 15 dengan biaya pendidikan terbesar di dunia. Kondisi ini juga dikeluhkan oleh sejumlah orang tua murid.

“Menurut saya sebenarnya biaya pendidikan ini tentu masih bisa ditekan tapi kalaupun memang harus ditingkatkan tentu harus diupayakan juga untuk peningkatan fasilitas-fasilitas anak dalam belajar baik itu sekolah swasta maupun negeri,” ungkap salah satu orang tua murid.

Namun sayangnya mahalnya biaya pendidikan belum dibarengi dengan peningkatan kualitas sumber daya manusianya. Menurut Global Talent Competitiveness Index bahwa sumber daya manusia Indonesia di kawasan ASEAN menempati urutan keenam begitu pula dengan indikator pembangunan manusia Indonesia yang rendah. Tahun 2020 Indonesia menempati peringkat 107 dari 189 negara. (adh)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral