Presiden RI Resmi Luncurkan Injourney BUMN | Kabar Pagi tvOne

Jumat, 14 Januari 2022 - 09:12 WIB

Lombok Tengah, NTB - Presiden Joko Widodo resmi meluncurkan holding BUMN pariwisata dan pendukungnya yang diberi nama InJourney.

InJourney, holding yang diharapkan dapat menunjang integrasi di sektor pariwisata ini diluncurkan di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat kemarin. Meski sebelumnya holding ini telah terbentuk pada Oktober 2021 lalu.

Dijelaskan oleh menteri BUMN Erick Thohir, dengan terbentuknya inJourney, pengelolaan pariwisata di Indonesia akan menjadi lebih efisien dan terintegrasi dari hulu sampai ke hilir.

Sementara itu Presiden Joko Widodo menginginkan dengan terbentuknya InJourney ini tata kelola di sektor pariwisata akan menjadi lebih efisien dan sederhana.

"Saya melihat penataan BUMN pariwisata ini adalah keharusan. Karena selama ini saya melihat BUMN dengan anak yang banyak, dengan cucu-cucu yang banyak bergerak di sektor pariwisata dan pendukungnya yang jumlahnya juga sangat banyak, bergerak dari hulu sampai hilir. Tadi saya sampaikan, penerbangan, layanan bandara, hotel, atraksi, manajemen kawasan destinasi wisata, sampai ke ritel semuanya ada. Tapi yang kita lihat yang lalu lalu BUMN-BUMN beserta anak dan cucunya ini berjalan sendiri-sendiri. Tidak terkonsolidasi," sebut Jokowi.

Menurutnya, jika dikonsolidasikan ke dalam sebuah holding pariwisata maka kekuatan besar akan terbentuk.

"Kami membentuk holding BUMN pariwisata dan pendukung tidak lain, Bapak, kita ingin memfokuskan bagaimana kesempatan kita untuk membangun dan menciptakan potensi pariwisata domestik yang potensialnya selama ini masih sangat besar tetapi kurang terintegrasi. Nah karena itu kita coba mengintegrasikan semua bapak, baik dari infrastrukturnya dan juga tentu daripada softwarenya, artinya kegiatan-kegiatan di dalamnya," ujar Menteri BUMN Erick Thohir. (afr)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:30
01:07
03:27
01:35
03:20
01:47
Viral