Detik-detik Bukit Longsor di Sumedang Hingga Menimbun Dua Hektare Sawah

Minggu, 16 Januari 2022 - 09:17 WIB

Sumedang, Jawa Barat - Sebuah bukit di wilayah Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat Sabtu petang. Longsor menimbun dua hektar sawah. satu orang petani luka-luka pada bagian kaki setelah hampir tertimbun longsor.

Terekam detik-detik tanah longsor yang terjadi di Bukit Leuweung Kadu, Wilayah Sumedang Selatan. Dalam video tersebut tampak longsor turun ke arah Persawahan disertai suara gemuruh.

Musibah tanah longsor lebih terjadi setelah wilayah Sumedang diguyur hujan dengan intensitas tinggi selama beberapa hari. Akibat longsor ini, dua hektar persawahan tertimbun material tanah longsor dan mengancam sejumlah rumah di area pemukiman warga RT 01, RW 11 Lingkungan Cimareme, Kelurahan Pasanggrahan.

Tidak hanya merusak area persawahan dan mengancam pemukiman warga, tanah longsor ini juga membuat seorang kakek petani nyaris tertimbun longsor. Beruntung sang kakek selamat dan hanya mengalami luka pada bagian kaki.

Sementara itu pasca longsornya Bukit Leuweun Kadu yang menimbun persawahan dan mengancam sejumlah rumah di Sumedang Selatan, Jawa Barat Sabtu malam, petugas gabungan berpatroli mendata dan menghimbau warga untuk mengungsi sementara ke lokasi yang lebih aman.

Puluhan aparat gabungan dari BPBD, TNI-Polri, dan pihak kelurahan berpatroli ke area pemukiman warga yang terancam longsor pasca musibah longsor dari Bukit Leuweung Kadu yang menimbun persawahan seluas dua hektar pada Sabtu petang.

Satu persatu rumah warga yang berada dekat dari titik longsor yakni RT 1 RW 11, Dusun Cimareme, Kelurahan Pasanggrahan, didata dan diimbau untuk mengungsi ke lokasi yang lebih aman.

Sebanyak 16 rumah,  22 kepala keluarga, dan 69 jiwa terancam longsor susulan, lantaran berada dekat dari titik longsor.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:25
04:56
07:36
01:53
01:21
01:08
Viral