Kondisi Terkini di Sumedang Pasca Tanah Longsor

Minggu, 16 Januari 2022 - 18:06 WIB

Sumedang, Jawa Barat - Akibat tanah longsor, dua hektar lahan persawahan di Desa Ciherang, Kecamatan Sumedang Selatan, tertimbun material tanah. Tak hanya menimbun persawahan, longsor tersebut juga mengancam sejumlah rumah yang berada tak jauh dari titik longsor.

Berdasarkan data yang berhasil dikumpulkan di lapangan, awalnya ada 12 rumah yang terancam longsor namun kini ada sebanyak 16 rumah yang terancam longsor karena berada tak jauh dari titik longsor. Rumah-rumah tersebut dihuni oleh 22 KK dan 69 jiwa.

Sementara itu Pemkab Sumedang masih menunggu hasil penelitian dari pusat vulkanologi dan mitigasi bencana geologi Jawa Barat yang tengah meneliti di area mahkota longsoran tersebut. Saat ini penyebab longsor masih dalam penyelidikan.

Sementara terkait sawah yang tertimbun tersebut merupakan sawah yang sudah siap panen. Sawah tersebut rencananya akan dipanen oleh waktu oleh warga dalam waktu dekat.

Sawah tersebut masih dalam proses pendataan oleh pihak Pemerintah Kabupaten Sumedang karena rencananya pemilik lahan akan diberikan ganti rugi atas lahan dan tanaman yang rusak. (afr)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:16
01:54
01:38
00:54
01:06
02:40
Viral