BMKG Beri Peringatan Munculnya Gempa Megathrust di Pulau Jawa dan Jakarta

Minggu, 16 Januari 2022 - 18:21 WIB

Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan menyusul terjadinya gempa dengan magnitudo 6,6 pada hari Jumat lalu.

Menurut BMKG ada potensi gempa megathrust dengan kekuatan hingga 9 magnitudo yang berpotensi menimbulkan dampak kerusakan parah di Jawa Barat dan di DKI Jakarta.

Selain itu BMKG juga mengeluarkan gempa megathrust dengan kekuatan hingga magnitudo 9 juga menimbulkan ancaman gelombang tsunami.

"Hal ini merupakan alarm bagi kita semua untuk lebih meningkatkan kewaspadaan, kesiapan adanya potensi gempa megathrust pada zona di sekitar wilayah atau zona tersebut yang dapat mencapai kekuatan 8,8 hingga 9 magnitudonya. Karena gempa atau potensi gempa megathrust ini dapat berpotensi menimbulkan, selain kerusakan yang dapat berdampak di wilayah Jawa Barat hingga DKI, Banten, dan juga di wilayah Selat Sunda, Lampung, hingga Bengkulu, juga berpotensi menimbulkan tsunami di wilayah Selatan Jawa Barat atau Selatan Banten hingga ketinggian dapat mencapai 20 meter," ungkap Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati.

Untuk mencegah kerusakan dan jatuhnya korban jiwa, BMKG mengimbau perlunya mematuhi zona rawan gempa yang diterbitkan Pusat Studi Gempa Nasional (Pusgen) termasuk pengecekan standar bangunan di zona bahaya. (afr)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral