Ilmuwan Israel Buat Lab Peternakan Virus Corona

Kamis, 20 Januari 2022 - 00:27 WIB

Jerusalem - Para ilmuwan Israel membuat laboratorium canggih untuk mencari pengobatan penyakit yang disebabkan virus Covid-19. Pengobatan itu akan menyerang seluruh struktur virus Corona saat menginfeksi sel manusia.

Laboratorium di Universitas Hebrew adalah salah satu laboratorium teraman di Israel. Seluruh dunia kini berupaya untuk membasmi virus Covid-19 yang telah menginfeksi banyak orang.

Tetapi di laboratorium ini para ilmuwan Israel malah menanam dan memanen virus tersebut untuk mempelajarinya secara rinci guna mendapatkan pengobatannya.

Laboratorium biosafety level 3 menciptakan kondisi aman bagi para ilmuwan untuk meneliti virus hidup dan berperilaku dalam kondisi yang berbeda. Sementara laboratorium biosafety level 4 digunakan untuk mempelajari virus, zat, serta racun menular yang mematikan hingga menimbulkan resiko infeksi yang ditularkan melalui udara.

Biosafety level berarti tingkat keamanan hayati yang dinyatakan pusat pengendalian penyakit CDC di Amerika Serikat untuk menunjukkan tingkat bahaya dari setiap patogen dan cara mempelajarinya.

Laboratorium ini memiliki AC khusus yang mampu menarik udara ke area laboratorium yang berpotensi terkontaminasi dari area bersih. Tidak akan ada udara yang dapat disirkulasikan kembali dimana pintu akan mengunci sendiri ke koridor yang terpisah dari bangunan utama.

Laboratorium ini juga dilengkapi dengan insinerator untuk memusnahkan limbah yang dihasilkan selama penelitian. Fasilitas tersebut didirikan atas perintah pemerintah dan didanai oleh Kementerian Pertahanan, Kementerian Keuangan, dan Universitas Hebrew dengan biaya hingga di 17 miliar rupiah. (afr)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral