Wow Keren! Mirip Game GTA, Mobil Terbang Asal Slowakia Lolos Uji Kelayakan

Kamis, 27 Januari 2022 - 00:21 WIB

Bratislava, Slowakia - Menggunakan mobil terbang untuk berlibur dapat terwujud dalam beberapa tahun mendatang. Mobil layaknya pesawat ini sebentar lagi akan dijual secara bebas.

AirCar membentangkan sayapnya di langit Ibu Kota Bratislava, Slowakia. Sayap tersebut dapat terbentang sepenuhnya dan digerakkan oleh mesin BMW 160 tenaga kuda lengkap dengan baling-baling tetap dan parasut balistik.

Kendaraan mobil pesawat mode ganda telah menandai daftar pencapaian ujicoba 70 jam penerbangan 200 lepas landas, mendarat, dan menyelesaikan tikungan curam 45 derajat. Kini Klein Vision perusahaan pembuatnya telah diberi sertifikat kelaikan udara oleh otoritas transportasi Slowakia sesuai dengan standar Badan Keselamatan Penerbangan Eropa, EASA. 

Salah seorang pendiri dan penasehat Klein Vision mengatakan bahwa teknologi untuk kendaraan itu dibuat sesuai dengan peraturan keselamatan yang diperlakukan EASA. Mitra bisnisnya terinspirasi untuk membuat AirCar karena mendambakan jalan terbuka yang menjadi simbol kebebasan.

Prototipe AirCar saat ini memiliki jangkauan 500 km dan membutuhkan 29 liter bahan bakar dan dia yakin ada pasar yang siap untuk kendaraan futuristik seharga Rp10 miliar tersebut. Perusahaan AirCar sedang mengerjakan prototipe berikutnya yang akan memiliki jangkauan 1000 km dan terbang 300 KPJ.

Prototype baru tersebut harus melalui tes kelaikan udara baru meski prototype pertama masih harus diberikan jaminan kesehatan yang bersih. Sementara itu berbagai perusahaan lain sedang mencoba untuk meningkatkan jangkauan pesawat listrik tetapi EASA berpendapat upaya tersebut membutuhkan teknologi baterai dan akan membutuhkan waktu yang lama. (adh)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
10:35
15:44
01:26
01:56
06:26
Viral