Antisipasi Lonjakan Omicron, Pemkot Tangerang Operasikan Tiga Rumah Isolasi

Selasa, 8 Februari 2022 - 13:15 WIB

Tangerang, Banten - Sejumlah daerah mengantisipasi jika terjadi lonjakan kasus Covid-19 varian Omicron. Kota Tangerang mengoperasikan tiga rumah isolasi terkonsentrasi atau RIT, sementara Jawa Tengah menyiapkan tempat isolasi terpusat.

Tingkat keterisian tempat tidur rumah sakit di kota Tangerang Banten telah mencapai 42 persen dari total kapasitas 1.026 tempat tidur. Kondisi ini bahas dari peningkatan jumlah kasus penularan Covid-19 di Kota Tangerang yang telah menembus 1.628 kasus perhari.

Dinas Kesehatan Kota Tangerang telah mengoperasikan tiga rumah isolasi terkonsentrasi atau RIT yakni Puskesmas Jurumudi Baru, Batusari, dan Sudimara Pinang. Dimana 118 tempat tidur telah terisi.

Tidak hanya itu Dinkes juga telah menyiapkan SMP Negeri 30 sebagai RIT dengan kapasitas 166 tempat tidur.

Sementara itu, dalam sidak yang ke beberapa rumah sakit, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyatakan telah melakukan koordinasi untuk menyiapkan tempat isolasi terpusat, rumah sakit berikut ini medis, obat-obatan, serta oksigen.

Pemprov Jawa Tengah juga mengaktifkan kembali program Jogo Tonggo. Program Jogo Tonggo dinilai efektif karena merupakan inovasi pemberantasan Covid-19 dengan mengedepankan partisipasi aktif warga. 

Program ini mencakup dua hal yakni jaring pengaman sosial dan keamanan, serta jaring ekonomi dengan menganut prinsip gotong-royong dan toleransi masyarakat.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral