Kasus Covid-19 Kembali Meningkat, Tiga Provinsi Catat Jumlah Kasus Melampaui Delta

Rabu, 9 Februari 2022 - 13:11 WIB

Jakarta - Kasus Covid-19 di Indonesia kembali meningkat, pemerintah pun meningkatkan level penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) ke level 3 di beberapa wilayah Jabodetabek, Bandung Raya, Yogyakarta, dan Bali. Pemerintah meningkatkan level penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Jabodetabek, Bandung Raya, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Bali dari semula level 2 menjadi level 3.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan selaku Koordinator PPKM Jawa-Bali menjelaskan bahwa beberapa wilayah di pulau Jawa dan Bali akan diterapkan ke PPKM level 3. Langkah ini diambil bukan karena meningkatnya angka Covid-19 tetapi karena tingkat tracing yang rendah.

“Berdasarkan level assessment saat ini kami sampaikan bahwa aglomerasi Jabodetabek, Daerah Istimewa Yogyakarta, Bali, Bandung Raya akan ke level 3 hal ini terjadi bukan akibat tingginya kasus, saya ulangi bukan akibat tingginya kasus tetapi juga karena rendahnya tracing,” ujar Luhut secara virtual.

Mengingat karakteristik varian omicron berbeda dengan varian delta, maka pemerintah melakukan beberapa penyesuaian aturan PPKM  level 3 dengan kebijakan pengetatan lebih terarah bagi kelompok lansia, komorbid, dan belum divaksin.

Sementara itu, berdasarkan data Kementerian Kesehatan kasus baru Covid-19 per tanggal 6 Februari 2022 ada tiga provinsi di Indonesia yang mencatat jumlah kasus saat ini melampaui gelombang Delta tahun lalu. Hal ini diungkapkan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Tiga provinsi ini adalah DKI Jakarta, Banten, dan Bali. 

“Sekarang sudah ada tiga provinsi yang jumlah kasusnya melebihi jumlah kasus gelombang Delta yang lalu pertama DKI Jakarta juga kasusnya kemarin sudah mencapai 15.800 padahal puncak tertingginya DKI sebelumnya 14.600 kemudian Provinsi Banten yang jumlah kasusnya mencapai 4.800 padahal di puncak delta kemarin paling tinggi 3.900 dan provinsi Bali yang jumlah kasusnya juga sempat menyentuh 2.000 dan tertinggi di Gelombang Delta 1.900,” ucap Budi.

Pemerintah mengimbau agar masyarakat tidak panik jika jumlah kasus Covid-19 meningkat sebab yang lebih penting adalah mereka yang masuk rumah sakit dan meninggal dunia jauh lebih rendah dan masih bisa terkendali. (adh)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:01
10:24
12:52
12:57
03:32
01:33
Viral