Teken Pembelian 6 Rafale, Indonesia Punya Jet Tempur Canggih

Jumat, 11 Februari 2022 - 12:58 WIB

Jakarta - Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Menteri Angkatan Bersenjata Republik Perancis di Istana Merdeka. Usai bertemu Presiden, Kementerian Pertahanan Republik Indonesia menandatangani pembelian jet tempur Prancis Rafael.

Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Menteri Angkatan Bersenjata Republik Perancis Florence Parly di Istana Merdeka. Jokowi menyambut baik penandatanganan beberapa nota kesepahaman pertahanan mulai dari pembelian jet tempur rafale, pengembangan kapal selam, pengadaan satelit sehingga produksi amunisi kaliber besar.

Presiden berharap kerjasama pertahanan tak hanya berfokus pada pembelian alutsista tapi juga dapat melakukan alih teknologi dan investasi di bidang pertahanan. Dalam pertemuan tersebut presiden tampak didampingi oleh Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto dan Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi.

Usai pertemuan dengan Presiden, Kementerian Pertahanan resmi menandatangani kesepakatan pembelian 42 unit pesawat tempur Dassault Rafale dengan perusahaan penerbangan Perancis, Dassault Aviation. Kontrak awal dari pembelian 6 pesawat tempur Dassault Rafale sebagai tahapan pertama dari pembelian 42 pesawat.

Kesepakatan ini resmi diteken di Jakarta disaksikan langsung oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri Angkatan Bersenjata Perancis Florence Parley. Jet tempur buatan Perancis Rafale bukan barang baru bagi TNI Angkatan Udara.

Rafale adalah jet tempur generasi 4 dengan kecanggihan terkini. Dassault Rafale dibekali desain sayap delta aktif terintegrasi untuk memaksimalkan kemampuan manuver zero gravity untuk kestabilan terbang saat manuver perang udara.

Jet tempur Prancis ini mampu terbang dengan kecepatan maksimal 1,8 Max atau sekitar 2.200 KPJ. Selain itu, jet tempur ini mampu terbang di ketinggian hingga 15.000 M atau sekitar 5 km di atas tanah. Pada bagian sistem Rafale dilengkapi sistem bantuan pertahanan terintegrasi bernama spektral yang melindungi pesawat dari serangan udara maupun darat.

Sedangkan pada bagian persenjataan pesawat berharga Rp1,6 triliun ini dilengkapi senapan mesin berpeluru titanium yang mampu menembus beton tebal. Rafale mampu membawa 16 rudal serta bom pintar dan digunakan di Afganistan. Pembelian 42 rafale ini jelas meningkatkan kekuatan militer Indonesia terutama TNI angkatan udara. (adh)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:28
02:37
04:23
07:11
01:01
15:36
Viral