Teken Pembelian Rafale, Menhan Prabowo Borong Jet Tempur

Jumat, 11 Februari 2022 - 17:23 WIB

Jakarta - Indonesia resmi memborong alutsista jet tempur dari luar negeri. Kontrak pembelian pesawat tempur Rafale telah ditandatangani bersama Prancis. Sementara itu,  Amerika Serikat memberikan lampu hijau bagi Indonesia untuk potensi pembelian jet tempur.

Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan Menteri Angkatan Bersenjata Perancis Florence Parlay di Kementerian Pertahanan Jakarta. Mereka membahas peningkatan kerjasama pertahanan yang diharapkan dapat memperkuat hubungan pertahanan bilateral antara Indonesia dan Prancis di masa datang. Sebagaimana diketahui Indonesia dan Prancis telah menjalin kerja sama pertahanan cukup lama setiap tahun. 

Beberapa perjanjian kerjasama diteken kedua pihak dalam pertemuan bilateral ini salah satunya adalah kontrak pembelian 6 pesawat tempur Rafale sebagai tahap pertama dari pembelian total 42 pesawat. Kontrak ini senilai total 8,1 Milyar Dollar Amerika Serikat atau sekitar Rp116 Triliun.

Jet tempur Rafale sudah pernah hadir di Indonesia lewat atraksi udara di Halim Perdanakusuma Jakarta. Saat itu pilot jet tempur Prancis mengajak tiga pilot TNI Angkatan Udara terbang untuk merasakan kehebatan Rafael dalam manuver perang udara. (adh)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral