Menko Marves: Jakarta Mulai Lewati Masa Puncak Omicron

Senin, 14 Februari 2022 - 19:10 WIB

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan DKI Jakarta saat ini mulai terlihat melewati puncak penularan Omicron. Namun demikian, Jawa Barat, Jogjakarta, dan Jawa Timur mengalami kenaikan kasus Covid-19 varian Omicron.

"Sejak 44 hari dari tanggal 1 Januari 2022 kasus puncak Omicron hingga saat ini belum melebihi puncak Delta di tahun lalu. Padahal kita jika kita merujuk ke negara lain, puncak Omicron biasanya tiga sampai empat kali lebih tinggi dari puncak Delta," sebut Luhut.

Ia menambahkan, tingkat rawat inap rumah sakit dan tingkat kematian juga masih jauh lebih rendah daripada periode Delta. Namun ini juga tidak seharusnya mengurangi tingkat kehati-hatian semua orang.

"Pola yang sama juga terlihat di Jawa-Bali. Penambahan kasus di Jawa-Bali terlihat melambat namun terjadi peningkatan kontribusi di luar Jawa-Bali. Dalam tujuh hari terakhir Provinsi Banten, Jawa Barat, dan Bali menjadi tiga provinsi yang tren kasusnya lebih tinggi dari puncak Delta," ujarnya lagi.

Luhut juga mengungkapkan DKI Jakarta mulai menunjukkan tanda-tanda melewati puncak Omicron. Hal ini terlihat baik dari kasus harian, kasus aktif, maupun tingkat rawat inap. (afr)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral