Video Klarifikasi Ustadz Khalid Basalamah Soal Ceramah Wayang

Kamis, 17 Februari 2022 - 12:43 WIB

Jakarta - Artis yang juga anggota ormas Setya Kita Pancasila, Sandy Tumiwa melaporkan penceramah Ustadz Khalid Basalamah ke Bareskrim Polri. Laporan tersebut terkait ceramah Ustadz Khalid Basalamah tentang wayang yang viral di media sosial.

“Pada saat ditanyakan permasalah wayang saya mengatakan bahwa alangkah baiknya kami sarankan agar islam sebagai tradisi jangan menjadikan tradisi sebagai islam dan tidak ada disitu kata-kata saya yang mengharamkan,” ucap Ustadz Khalid Basalamah dalam video yang diunggah di akun Instagramnya.

Sebelumnya, penceramah Ustadz Khalid Basalamah dilaporkan ke Bareskrim Polri oleh ormas Setya Kita Pancasila atau SKP. Artis yang juga ketua ormas SKP, Sandy Tumiwa melaporkan Ustadz Khalid Basalamah terkait ceramahnya yang menyatakan wayang haram dan harus dimusnahkan.

Menurutnya pernyataan tersebut tidak bisa ditolerir karena menyangkut atribut budaya. “Saya orang jawa, orang Indonesia saya menjaga wayang saya ini wajarlah saya sebagai artis sebagai public figure seniman pasti marah lah,” kata Sandy.

Kendati demikian, Ustadz Khalid Basalamah telah menyampaikan permohonan maaf dan menegaskan tidak ada kata-kata yang mengharamkan wayang dalam ceramahnya. Ia menyatakan hanya mengajak umat muslim untuk menjadikan Islam sebagai tradisi. (adh)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
01:48
01:38
04:27
01:33
02:33
Viral