Belgia Terapkan Waktu Kerja 4 Hari dalam Seminggu

Jumat, 18 Februari 2022 - 00:30 WIB

Belgia - Para pekerja di Belgia sekarang bisa tersenyum lantaran pemerintahnya mengeluarkan kebijakan empat hari bekerja dalam satu minggu. Tujuannya agar para pekerja lebih produktif dalam bekerja.

Jam kerja menjadi salah satu hal yang banyak dipertimbangkan ketika berbicara mengenai kesejahteraan karyawan. Belgia adalah salah satu negara yang paham akan hal itu.

Setelah berbicara dengan koalisi tujuh partai pemerintah federal, Perdana Menteri Belgia Alexander de Croo mengumumkan empat hari kerja dalam seminggu. Selain karena pandemi Covid-19, alasan lain yang melatarbelakangi keputusan itu adalah keinginan untuk meningkatkan fleksibilitas tempat kerja bagi karyawan.

Karyawan yang mengajukan empat hari kerja per minggu harus bekerja hingga 10 jam sehari, bukan delapan jam kerja perhari seperti saat ini. Sehingga dapat bekerja satu hari lebih sedikit per minggu dengan upah yang sama.

Warga Belgia juga boleh memilih kerja lebih banyak pekan ini dan lebih sedikit pada pekan berikutnya agar dapat mengelola kehidupan pribadi dan pekerjaan yang lebih baik misalnya dalam hal pengasuhan anak secara bersama dengan pasangan.

Selain di Belgia, wacana empat hari kerja ini juga dibahas di beberapa negara lain termasuk di Inggris, Selandia Baru, dan negara-negara bagian di Amerika Serikat. (afr)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
07:59
02:28
01:48
06:43
06:09
Viral