Pembobol ATM Berhasil Diringkus, Kerugian Mencapai 2,4 Miliar Rupiah

Minggu, 20 Februari 2022 - 10:29 WIB

Balikpapan, Kalimantan Timur - Kepolisian Daerah Kalimantan Timur menangkap seorang pria di Kota Samarinda, Kaltim, karena tertangkap tangan membobol mesin anjungan tunai mandiri atau ATM. Dalam tiga bulan menjalankan aksi kejahatannya, lelaki 29 tahun itu mencurangi sistem pada mesin ATM dan menggasak Rp 2,4 miliar.

Kejadian ini mulai diketahui oleh pihak bank karena curiga sistem menyebut jika semua uang telah masuk, tetapi tak ada bentuk fisiknya. Setelah dihitung neracanya oleh perbankan, ditemukan ada selisih yang cukup banyak. Sadar adanya kejanggalan, pihak bank pun melaporkan hal ini ke pihak kepolisian. 

Melalui pantauan CCTV, polisi pun mempelajari modus tersangka dan melakukan pengintaian. Hingga pada 5 Januari 2022 lalu, tersangka berhasil diringkus di Samarinda saat beraksi.

Menariknya kasus ini baru bisa dilaporkan, karena cara yang dilakukan tersangka sangat mulus. Selama ini pihak bank tak menemukan tanda-tanda kerusakan pada semua mesin ATM yang mengindikasikan terjadi pencurian.

Dari tangan tersangka, polisi mengamankan beberapa barang bukti seperti handphone, tas, televisi layar datar, sepatu dan beberapa barang mahal lainnya.

Selain itu, sisanya digunakan tersangka untuk memenuhi gaya hidup mewah dan hedonisme. Tersangka berfoya-foya hingga menyewa helikopter untuk berkeliling daerah Bali, saat menjadi turis lokal di sana.

Selain itu, pihaknya juga masih mendalami apakah ada orang lain yang ikut menikmati hasil kejahatan tersangka. Namun polisi telah menyimpulkan jika tersangka merupakan pelaku tunggal.(awy)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
10:31
01:01
30:44
21:02
02:21
04:56
Viral