Varian Omicron Berbahaya Pada Lansia dan Pemilik Komorbid

Minggu, 20 Februari 2022 - 18:59 WIB

Jakarta - Varian Omicron memang tak bisa dianggap sepele meski gejalanya terbilang ringan dari varian Delta, bahkan dalam beberapa kasus tidak menunjukkan gejala. Meskipun begitu, bagi orang lanjut usia dan yang memiliki komorbid dan belum divaksin Covid-19 sangat berbahaya bahkan bisa menimbulkan kematian.

Presiden Jokowi meminta agar percepatan vaksinasi diprioritaskan untuk kalangan masyarakat lanjut usia atau lansia. Karena berdasarkan data yang ia terima, kelompok inilah yang paling rentan terserang varian Omicron.

Selain lansia, masyarakat yang belum mendapatkan vaksinasi dan menyandang komorbid juga sangat rentan terpapar Covid-19. Kepala negara juga menegaskan bahwa kunci dalam pengendalian Covid-19 adalah dengan mempercepat program vaksinasi dan tetap menjaga protokol kesehatan.

Sementara itu juru bicara Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan resiko fatal akibat Omicron sangat tinggi pada usia dewasa hingga lanjut usia, mereka yang memiliki penyakit penyerta atau komorbid, dan juga belum menerima vaksinasi. (afr)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral