NGERI! Kompilasi Kejadian Kecelakaan Truk ODOL

Rabu, 23 Februari 2022 - 13:23 WIB

Jakarta - Truk yang memiliki dimensi dan muatan yang berlebihan (over-dimension over-load/ODOL) memang memiliki resiko yang besar mengalami kecelakaan di jalanan. Mulai dari sulit bermanuver, meningkatnya titik buta, hingga kecelakaan parah mengintai jika sebuah kendaraan kelebihan muatan dan dimensi.

Di tengah gelombang protes rencana penerapan aturan angkutan yang kelebihan muatan dan melanggar ukuran dimensi kendaraan bahaya terus mengintai.

Faktanya truk dengan muatan yang melebihi kapasitas atau over-dimensi over-load seringkali menjadi pemicu terjadinya kecelakaan lalu lintas. Seringkali truk terguling di jalan akibat membawa muatan melebihi kapasitas yang ada. Tak jarang korban jiwa berjatuhan.

Truk ODOL bisa mengakibatkan area buta atau blindspot sopir semakin besar sehingga bisa membahayakan bagi pengemudi dan pengendara lain. Bahaya lainnya adalah truk menjadi sulit bermanuver. Dengan dimensi berlebih dan ditambah muatan yang melebihi kapasitas, resiko bahaya truk ODOL semakin besar terlebih jika harus melewati jalur yang sempit.

Penambahan dimensi seperti panjang, lebar, atau tinggi bak truk membuat potensi ban depan terangkat makin besar. Kondisi semacam ini sangat membahayakan baik bagi pengemudi dan pengendara lain.

Beban berlebih menuntut juga sistem pengereman bekerja lebih keras. Alhasil panas yang dihasilkan komponen semakin tinggi. Seringkali hal ini menjadi penyebab truk mengalami rem blong.

Muatan yang tinggi juga membuat truk menjadi lebih limbung saat bermanuver terutama saat kecepatan tinggi, terlebih saat melewati tikungan sehingga gaya sentrifugal truk ODOL menjadi lebih besar sehingga bisa terbalik. Tak kuat menanjak hingga rusak ditengah jalan juga menjadi resiko lainnya. (afr)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:23
01:35
01:45
01:54
01:47
15:24
Viral