Aturan Kerja Idaman, Hanya Ada di Negara Belgia

Rabu, 23 Februari 2022 - 15:57 WIB

Belgia - Belgia menjadi negara pertama di dunia yang menerapkan kebijakan kerja empat hari dalam sepekan. Belgia meyakini 3 hari libur dalam sepekan justru akan membuat pekerja lebih produktif.

Jam kerja menjadi salah satu hal yang banyak dipertimbangkan ketika berbicara mengenai kesejahteraan karyawan. Belgia adalah salah satu negara yang paham akan hal itu.

Setelah berbicara dengan koalisi tujuh partai pemerintah federal, Perdana Menteri Belgia Alexander De Croo mengumumkan empat hari kerja dalam seminggu. Selain karena pandemi Covid-19, alasan lain yang melatarbelakangi keputusan itu adalah keinginan untuk meningkatkan fleksibilitas tempat kerja bagi karyawan.

Karyawan yang mengajukan empat hari kerja per minggu, harus bekerja hingga 10 jam sehari, bukan delapan jam kerja per hari seperti saat ini. Sehingga dapat bekerja satu hari lebih sedikit per minggu dengan upah yang sama.

Warga Belgia juga boleh memilih kerja lebih banyak Minggu ini dan lebih sedikit pada minggu berikutnya, agar dapat mengelola kehidupan pekerjaan yang lebih baik. Misalnya dalam hal pengasuhan anak secara bersama dengan pasangan.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral