Forum G20 Hasilkan 14 Point Penting Terkait Pemulihan Perekonomian Dunia

Rabu, 2 Maret 2022 - 15:29 WIB

Jakarta - Negara anggota G20 berkomitmen untuk mendorong pemulihan ekonomi global. Penanganan pandemi menjadi syarat utama pemulihan ekonomi termasuk akses vaksin untuk semua.

Pertemuan tingkat Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral negara G20 telah selesai diselenggarakan. Forum tersebut menghasilkan 14 poin komunike yang merupakan komitmen dan pernyataan bersama para anggota forum G20 untuk mendorong pemulihan ekonomi global.

Para menteri keuangan dan Gubernur Bank Sentral anggota G20 memandang penanganan pandemi merupakan prasyarat utama untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang diperkirakan IMF tumbuh 4,4% pada 2022 melambat dari 5,9% pada tahun lalu.

Komitmen penanganan pandemi difokuskan untuk memastikan akses ke vaksin yang aman, tepat waktu, adil, dan terjangkau. Selain itu meningkatkan dialog dan kerjasama global tentang isu-isu yang berkaitan dengan pencegahan, kesiapsiagaan, dan respon pandemi serta berkontribusi terhadap penguatan arsitektur kesehatan global.

Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi dampak rambatan dan efek jangka panjang dari perbedaan laju pemulihan ekonomi dan kapasitas penanganan pandemi yang beragam di setiap negara.

Aspek lain yang menjadi perhatian negara-negara G20 adalah mengelola resiko dan mengoptimalkan manfaat dengan semakin meluasnya penggunaan teknologi dan digitalisasi di sektor keuangan. 

Hal tersebut antara lain melalui kerangka pengaturan dan pengawasan crypto asset, serta melanjutkan assessment implikasi dari Central Bank Digital Currency terhadap sistem moneter dan keuangan internasional.

Ke-14 poin kesepakatan dalam komunike merupakan upaya bersama negara anggota G20 untuk mencapai “Recover Together, Recover Stronger”.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
02:40
02:12
02:15
01:24
01:49
Viral