Pandemi Jadi Endemi, Mungkinkah?

Senin, 7 Maret 2022 - 17:50 WIB

Jakarta - Pemerintah bersiap menyusun strategi mengubah status pandemi menjadi endemi Covid-19. Beberapa indikator jadi acuan pemerintah untuk Indonesia berada di status endemi.

Pandemi Covid-19 sudah melanda tanah air lebih dari 2 tahun. Pemerintah saat ini tengah menyiapkan sederet kebijakan agar Indonesia bisa menuju endemi.

Sebelumnya menteri koordinator bidang kemaritiman dan investasi Luhut binsar Panjaitan sempat menjelaskan bahwa peta jalan untuk normalisasi aktivitas masyarakat akan diterapkan agar kasus Covid-19 hingga tingkat kematian tetap berada di level rendah.

Sementara menurut Menteri Kesehatan, selain dengan memperluas vaksinasi baik dosis lengkap hingga booster, pemerintah juga akan meningkatkan kegiatan testing dan racing hingga jaminan akan fasilitas respon kesehatan yang lebih mumpuni.

Meski demikian, perubahan status pandemi menjadi endemi sejatinya butuh waktu lama. Indonesia bahkan harus melalui status pra endemi sebelum akhirnya merubah penularan covert 19 menjadi penyakit endemi.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral