Anies Baswedan Jajal Bus Listrik dari PT Bakrie Autoparts

Rabu, 9 Maret 2022 - 08:52 WIB

Jakarta - 30 bus listrik mulai digunakan untuk operasional bus TransJakarta sehari-hari. Penggunaan bus listrik itu diharapkan mengurangi kemacetan dan juga polusi.

PT Bakrie Auto Parts melalui PT Vektor Mobility Indonesia dan pihak Transjakarta luncurkan 30 bus listrik yang digunakan untuk operasional Bus TransJakarta sehari-hari.

Dalam peluncuran ini Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut hadir dan mencoba langsung kehandalan serta kenyamanan bus ramah lingkungan ini. Menurut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pihak Pemerintah DKI Jakarta mendorong penggunaan bus listrik untuk mengurangi kemacetan dan polusi.

"Ini adalah ikhtiar kita mengurangi kemacetan. Tetapi ada satu lagi, mengurangi emisi polusi udara. Itu sebabnya kita kemudian kendaraan umum berbasis listrik. Sehingga mengurangi kemacetannya bisa terjadi dan mengurangi polusi udara juga bisa kita kerjakan," ujar Anies.

Gubernur DKI menjelaskan pihaknya mendorong kendaraan umum berbasis listrik ketimbang kendaraan pribadi berbasis listrik. Hal ini karena kendaraan umum dinilai dapat mengurangi kepadatan lalu lintas di ruas jalan ibu kota.

"Kita proyeksikan di tahun 2030 semua armada bis di Jakarta adalah berbasis listrik. Jadi nanti ke depan bis-bis baru yang akan masuk dalam armada itu berbasis listrik. Jadi bis itu kan ada usianya ya, ketika masuk usia pergantian maka gantinya adalah bis listrik," sebutnya.

Tahun ini Pemerintah DKI Jakarta sudah menyiapkan 100 bus listrik sebagai bagian dari armada Transjakarta dan 30 bus listrik segera beroperasi. (afr)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral