Mudik Lebaran 2022 Bergantung Uji Coba Pelonggaran PPKM

Senin, 14 Maret 2022 - 19:21 WIB

Jakarta - Satuan tugas Covid-19 menyebutkan ada atau tidaknya larangan mudik lebaran Tahun 2022 bergantung pada kondisi pandemi dan hasil uji coba pelonggaran kebijakan PPKM. Meskipun demikian, masyarakat memiliki harapan besar agar dapat melaksanakan mudik di tahun ini.

Kepala subbidang Dukungan Kesehatan Satgas Covid-19 Brigjen Purn. Alexander Ginting menjelaskan saat ini sedang dilakukan uji coba pelonggaran kebijakan PPKM yang akan berpengaruh pada keputusan adanya larangan mudik atau tidak pada tahun ini.

Uji coba dilakukan hingga akhir Maret 2022 mendatang. Jika kembali terjadi peningkatan jumlah kasus Covid, Pemerintah akan mengevaluasi kebijakan pelonggaran PPKM yang tengah berjalan. Jika terjadi penurunan kasus bukan tidak mungkin larangan mudik Lebaran tahun ini ditiadakan.

"Kalau misalnya ini terus membaik dan vaksinasi pencapaiannya sudah mendekati 100% ataupun di atas 90%, apalagi booster meningkat terus bergerak mencapai 30-40%, maka untuk kita menyambut hari raya keagamaan, bulan puasa, dan Idul Fitri tentu Pemerintah akan dengan senang hati untuk tetap memberikan keleluasaan," ujar Alexander.

Menanggapi wacana tersebut, sejumlah masyarakat pun mengaku senang karena ada harapan untuk berkumpul bersama keluarga lagi di kampung halaman setelah beberapa tahun terkendala.

Hingga saat ini status pandemi Covid-19 di Indonesia belum dicabut dan rencananya transisi menuju endemi dilakukan secara bertahap. Oleh karena itu masyarakat diminta agar selalu patuh terhadap protokol kesehatan dan saling bekerja sama untuk membantu menekan laju penularan Covid-19. (afr)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral