Petugas Patroli Gagalkan Pengiriman Pekerja Migran Ilegal di Asahan

Rabu, 16 Maret 2022 - 18:13 WIB

Asahan, Sumatera Utara - Sebanyak 23 pekerja migran ilegal asal Indonesia yang hendak dikirim ke Malaysia berhasil digagalkan aparat keamanan dari TNI Angkatan Laut di perairan Silo Baru, Asahan, Sumatera Utara. Selain mengamankan pekerja migran petugas menangkap satu nahkoda dan tiga anak buah kapal.

Selasa subuh 15 Maret 2022 langit di Silo Baru, Sumatera Utara masih gelap saat petugas mengamankan 23 pekerja migran ilegal asal Indonesia yang hendak dikirim ke Malaysia.

Sedari awal petugas sudah menaruh curiga terhadap kapal motor kayu tanpa nama dan perangkat keselamatan yang mengangkut puluhan pekerja migran tersebut. Puluhan kerja migran tersebut sedianya diangkut menuju perbatasan Malaysia di Selat Malaka itu terdiri dari 11 pria dan 12 wanita yang berasal dari berbagai daerah seperti Sumatera Barat, Palembang, hingga Nusa Tenggara Timur.

Nahkoda kapal dan tiga anak buah kapal nahkoda kapal mengaku menerima upah hingga lima juta rupiah untuk setiap keberangkatan ke Malaysia secara ilegal ini. Diketahui di sepanjang perairan Asahan terdapat puluhan jalur tikus yang kerap digunakan untuk aktivitas perdagangan ilegal.

Selanjutnya ara pekerja migran ilegal ini akan diserahkan ke pihak imigrasi dan BP2MI Tanjungbalai Asahan untuk dipulangkan ke kampung halaman mereka. sedangkan tekong dan ABK masih dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.(awy)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral