Joe Biden Tuding Putin Sebagai Penjahat Perang, AS Berikan Bantuan Senjata ke Ukraina

Jumat, 18 Maret 2022 - 01:07 WIB

Washington DC, Amerika Serikat - Presiden Amerika Serikat Joe Biden menuding Presiden Rusia Vladimir Putin melakukan kejahatan perang dengan menginvasi Ukraina. Biden juga memberikan tambahan bantuan senjata ke Ukraina.

Pernyataan Joe Biden tersebut merupakan kecaman paling keras dari pejabat Amerika Serikat manapun sejak perang di Ukraina dimulai tiga pekan lalu.

Biden menyampaikan kecaman keras tersebut setelah Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berpidato di depan kongres Amerika Serikat secara virtual. Zelensky meminta anggota parlemen Amerika Serikat dan Joe Biden untuk lebih banyak membantu Ukraina mempertahankan diri termasuk zona larangan terbang dan pengiriman jet tempur.

Biden lantas menanggapi permintaan Zelensky tersebut dalam pidatonya sendiri beberapa jam kemudian. Dalam pidatonya Biden berjanji memberikan bantuan militer baru ke Ukraina termasuk sistem anti-pesawat, sistem anti-tank, persenjataan, dan pesawat tak berawak.

Selain itu Biden juga mengakui kengerian yang telah terjadi di sejumlah kota di Ukraina. Tidak sampai beberapa jam setelah itu baik dan menjawab pertanyaan tentang Putin sebagai penjahat perang. (afr)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral