Joe Biden Usulkan Agar Rusia Dikeluarkan dari G20

Jumat, 25 Maret 2022 - 17:52 WIB

Brussel, Belgia - Indonesia selaku Presidensi G20 tahun ini mendapat tantangan dari Presiden Amerika Serikat, Joe Biden. Dari markas NATO di Belgia, Biden mengusulkan agar Rusia dikeluarkan dari keanggotaan G20 sebagai akibat konflik di Ukraina.

Presiden Amerika Serikat, Joe Biden mengatakan Rusia patut dikeluarkan dari keanggotaan G20. Biden mengaku telah membicarakan hal tersebut dengan sejumlah kepala negara yang berkumpul di Brussel, Belgia.

Konflik di Ukraina menjadi alasan bagi negara-negara barat untuk bersikap keras terhadap Rusia. Selain mengenakan berbagai sanksi, sejumlah negara barat juga mendorong wacana untuk tidak mengundang Rusia ke KTT G20 yang tahun ini diselenggarakan di Indonesia selaku Presidensi bergilir G20.

Indonesia telah melayangkan undangan sejak Februari lalu kepada setiap negara anggota G20 untuk menghadiri KTT G20 di Bali tahun ini. Undangan juga telah disampaikan kepada Rusia. Kementerian Luar Negeri menegaskan selaku Presidensi G20 Indonesia bersikap imparsial atau tidak memihak.

Sementara itu, Presiden Rusia, Vladimir Putin telah menerima undangan dari Indonesia. Putin pun menyatakan ingin datang dan hadir dalam KTT G20 di Indonesia. (adh)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral