Tradisi Takjil Bubur Sayur Lodeh, Warisan Panembahan Bodho

Senin, 4 April 2022 - 12:33 WIB

Bantul, Yogyakarta - Tradisi yang sudah berumur ratusan tahun yaitu berbuka puasa dengan bubur sayur lodeh kembali digelar. Meski tradisi ini sempat terhenti tahun lalu akibat pandemi Covid-19 kini pelaksanaan buka puasa bersama dengan menu bubur sayur lodeh kembali digelar dengan menerapkan protokol kesehatan.

Masjid Sabilurrosyad Kauman Wijirejo Pandak Bantul, Yogyakarta merupakan sebuah Masjid peninggalan Panembahan Bodho, salah satu tokoh agama Islam yang menyebarkan agama Islam di Yogyakarta bagian selatan.

Di masjid ini tradisi berbuka puasa dengan bubur yang dilakukan Panembahan Bodho  sejak ratusan tahun yang lalu hingga kini masih dilestarikan. Digunakanlah bubur sebagai sarana dakwah untuk mengambil hati masyarakat. Bubur yang bermakna tentang kebaikan dan kelembutan agar warga dengan mudah memahami agama Islam.

Setiap hari Selama bulan Ramadhan, pengurus masjid memasak bubur dalam jumlah banyak dan juga memasak sayur lodeh tempe sebagai lauk bubur untuk berbuka puasa. Ibu-ibu warga sekitar pun menyiapkan menu buka puasa dengan bubur sayur lodeh ditambah lauk telur.

Sekitar 20 menit menjelang buka puasa bubur dan sayur lodeh disajikan. Sembari menanti adzan maghrib berkumandang sejumlah jamaah mengikuti pengajian menjelang buka puasa yang digelar di teras masjid. Tabuhan khas kentongan dan bedug menjadi tanda dikumandangkannya adzan maghrib. Seketika warga di Kauman Wijirejo Pandak Bantul yang telah berkumpul di teras masjid nampak dengan lahapnya menyantap bubur sayur lodeh yang disajikan di hadapan mereka.

Tradisi berbuka bubur ini tetap dipertahankan warga Kauman untuk menjaga silaturahmi dan keakraban antar warga. Namun berbeda dari tahun sebelum masa pandemi merebak, untuk Ramadhan kali ini, pihak takmir masjid hanya menyediakan 4 kilogram beras untuk 100 porsi bubur setiap hari dari yang biasanya 10 kg beras untuk 400 porsi.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
07:59
02:28
01:48
06:43
06:09
Viral