Kerja Sama Britishvolt & Bakrie Soal Baterai Kendaraan Listrik

Rabu, 6 April 2022 - 10:06 WIB

London, Inggris - Media Inggris dan Eropa sangat mendukung kerjasama Britishvolt dan Bakrie untuk membangun pabrik baterai mobil listrik. Pabrik ini diharapkan mampu mengurangi ketergantungan Eropa pada Rusia yang selama ini menjadi pemasok terbesar baterai mobil listrik di Eropa.

Bakrie dan Britishvolt sepakat menandatangani nota kesepahaman untuk membuat perusahaan patungan teknologi baterai di dunia. Nantinya Indovolt BV Vektor akan menyediakan nikel sulfat, bahan baku utama katoda sel baterai mobil listrik.

Dengan kerjasama ini diharapkan mengurangi ketergantungan Inggris dari Rusia. Pasalnya Rusia merupakan produsen terbesar baterai nikel ke Eropa. Hampir semua pabrik mobil listrik Eropa terutama Jerman mengandalkan suplai dari Rusia.

Pekan lalu penandatanganan kerjasama dilakukan antara CEO Britishvolt dengan PT Vektor Mobiliti Indonesia, sebuah badan usaha yang dibentuk oleh PT Bakrie and Brothers yang diwakili oleh Anindya Bakrie.

Kerjasama tersebut merupakan salah satu kelanjutan dari serangkaian kegiatan kunjungan delegasi Kadin ke Inggris pada Oktober 2021 lalu. Kadin pun telah meluncurkan net zero hub untuk mempercepat transisi net zero di Indonesia yang juga menjadi salah satu prioritas utama untuk advokasi G20 dan B20. (afr)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:10
02:17
01:21
01:11
02:02
02:06
Viral