Waspada Ancaman Hepatitis Akut Misterius, Banyak Kasus Pada Anak di Bawah 16 Tahun

Rabu, 11 Mei 2022 - 17:33 WIB

Jakarta - Meski baru 15 kasus yang terkonfirmasi, ancaman hepatitis misterius mulai merebak di sejumlah daerah. Beberapa kasus hepatitis akut mulai terjadi pada anak-anak di Bekasi, Jawa Barat maupun Jawa Timur.

Kasus hepatitis yang menyerang anak-anak kini mulai terdeteksi di Kota Bekasi, Jawa Barat. Pemerintah kota Bekasi melalui Dinas Kesehatan mengkonfirmasi satu pasien anak-anak berusia 10 tahun diduga terjangkit hepatitis misterius. 

Pasien tersebut diduga mengalami gejala yang mengarah ke hepatitis misterius saat menjalani perawatan di salah satu rumah sakit swasta. Kini pos yang telah dirujuk ke RSCM Jakarta guna penanganan lebih lanjut dan agar segera diketahui hasilnya.

Sementara ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia IDAI Jatim menyebut  hepatitis akut yang mulai banyak terjadi pada anak-anak bisa dideteksi dengan adanya pemeriksaan SGPT dan SGOT untuk melihat gejala kerusakan hati.

hasil pemeriksaan sgpt dan sgot di atas 500 menunjukkan bahwa pasien dengan gejala hepatitis mengarah pada hepatitis akut. Hingga saat ini pihaknya baru menemui adanya suatu kasus yang terindikasi hepatitis akut yakni yang terjadi di Tulungagung.

Sementara pasien bayi berusia 10 bulan yang semula diduga mengidap hepatitis akut dipastikan bukan tergolong kasus hepatitis misterius, dan saat ini kondisinya sudah membaik.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
06:48
02:28
Viral