Satgas Pangan & Ternak di Jambi Inspeksi ke Setiap Peternakan

Selasa, 17 Mei 2022 - 15:12 WIB

Jambi - Satgas Kesehatan Hewan di Jambi melakukan inspeksi ke setiap peternakan hewan. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) ternak jelang hari raya Qurban pada Juli nanti.

Satgas kesehatan hewan di Jambi melakukan inspeksi ke setiap peternakan hewan untuk mengantisipasi penyebaran penyakit mulut dan kuku ternak jelang hari raya Qurban pada Juli nanti. Tim melakukan penyuntikan vaksin dan vitamin ke ternak sapi maupun kambing. 

Penyuntikan vitamin dilakukan agar hewan ternak yang akan dijadikan kurban pada hari Raya Idul Adha nanti tetap sehat, Layak konsumsi, dan tidak terserang penyakit mulut dan kuku atau PMK. Selain itu tim juga memberikan penyuluhan kepada para peternak agar terus menjaga kebersihan kandang.

Guna mempermudah proses pemantauan pasokan hewan ternak pihak kepolisian akan mendirikan posko kesehatan ternak di setiap perbatasan wilayah, terutama sapi dan kambing yang didatangkan dari Lampung dan Sumatera Barat.

Sementara itu, Pimpinan Pusat Muhammadiyah meminta agar pemerintah bergerak cepat dan segera mengatasi wabah penyakit mulut dan kuku pada ternak. Wabah ini dikhawatirkan bisa mengganggu pelaksanaan qurban pada hari raya Idul Adha.

Wabah PMK yang menginfeksi hewan ternak dikhawatirkan kanguru pengaruh pada kesehatan hewan kurban jelang Idul Adha. Wabah PMK ini bisa mengganggu suplai hewan kurban untuk hari raya Idul Adha. apalagi syarat ternak yang menjadi hewan kurban salah satunya adalah sehat.

PP Muhammadiyah meminta agar pemerintah bergerak cepat dan segera mengatasi wabah PMK. jika tidak segera diatasi persoalan kesehatan hewan bisa menimbulkan dampak psikologis dan politis bagi masyarakat.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral