Pemerintah Siapkan Tiga Juta Dosis Vaksin PMK

Minggu, 19 Juni 2022 - 09:34 WIB

Sukoharjo, Jawa Tengah - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memimpin vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) pada sapi di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Vaksinasi sebagai upaya memberikan hewan ternak imunitas atau kekebalan pada wabah virus PMK.

Pemberian vaksin pada hewan ternak sapi dilakukan di Desa Mertan, Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Sapi milik gabungan peternak di Desa Mertan satu persatu disuntik vaksin dan Mentan mengawali penyuntikan tersebut sebagai simbolisasi dimulainya vaksinasi PMK pada ternak sapi di Jawa Tengah.

Menurut Mentan Syahrul Yasin Limpo, 3 juta dosis vaksin akan disiapkan oleh pemerintah untuk mengendalikan wabah PMK. Vaksinasi tidak hanya menyasar daerah dengan status merah tetapi juga yang kuning dan juga hijau.

Untuk mengawal dan mengawasi wabah PMK Kementan juga telah menyiapkan gugus tugas baik di tingkat kabupaten/kota, provinsi, maupun pusat.

Di Kabupaten Malang Jawa Timur punya tiket vaksinasi PMK pada hewan ternak sapi di Kecamatan Pujon mulai dilakukan. Sedikitnya ada 300 ekor sapi milik peternak anggota Koperasi Kecamatan Pujon divaksin PMK darurat bantuan dari Kementerian Pertanian dan provinsi Jawa Timur.

Pihak Koperasi Pujon mengaku akibat bahwa PMK produksi susu sapi di wilayah Pujon perharinya turun dari 120 ton menjadi 70 ton. Sementara data sapi yang positif terserang PMK di wilayah Pujon mencapai 5.400 ekor.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:30
01:07
03:27
01:35
03:20
01:47
Viral